image header

Mengeluh hanya membuang waktu, jika waktu adalah uang maka Mengeluh Hanya Membuang Uang, mungkin kurang lebih seperti itu yang bias kita isyaratkan. Banyak warga yang mengeluh terhadap banjir dan banyak pula upaya pemerintah untuk menanggulangi banjir tersebut, namun kejadian ini terjadi berulang-ulang.

 

Banjir di Indonesia disebabkan oleh dua faktor yaitu curah hujan yang tinggi dan drainase tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

 

Berdasarkan Permenkes RI No. 416/MENKES/PER/IX/1990 tentang syarat-syarat pengawasan kualitas air, air minum adalah air yang kualitasnya memenuhi syarat dan dapat diminum langsung. Air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum apabila telah dimasak.

 

Air bersih merupakan kebutuhan terpenting bagi manusia, disamping untuk minum air bersih juga dibutuhkan untuk mandi, mencuci, memasak dan kegiatan lainnya.

 

Dalam hukum biologi dan kimia, air adalah senyawa kimia yang merupakan hasil ikatan dari unsur hydrogen (H2) yang bersenyawa dengan unsur oksigen (O) dalam hal ini membentuk senyawa H2O. Air merupakan senyawa kimia yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Fungsi air bagi kehidupan tidak dapat digantikan oleh senyawa lain. Penggunaan air yang utama dan sangat vital bagi kehidupan adalah sebagai air minum. Hal ini terutama untuk mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh manusia itu sendiri.

 

Perubahan iklim membuat kita sulit untuk memprediksi cuaca. Ketika panas, temperature sangat tinggi, bahkan dapat mencapai suhu ekstrim. Begitupun sebaliknya. Ketika hujan sangat deras, air melimpah ruah. Banjir dimana-mana. Namun air banjir ini tidak dapat kita kelola. Air ini melintas ke laut begitu saja. Hal ini disebabkan karena sistem pengolaan (drainase) yang buruk.

 

Kandungan yang sering terdapat dalam air hujan adalah karbon diokida, serta zat asam dan garam. Aman tau tidaknya tetesan air hujan tergantung kualitas udara di sekitar lokasi hujan. Meskipun air hujan memiliki kandungan gas, air hujan sangatlah bermanfaat bagi keberlangsungan hidup semua makhuk.

 

Air hujan akan menjadi bersih sama seperti air bersih yang biasa kita gunakan sehari-hari. Hanya saja, jangan langsung menggunakan air hujan ini untuk keperluan rumah tangga. Sebaiknya diendapkan selama beberapa hari dan suling airnya bila perlu. Air hujan ini biasa digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga, mulai dari untuk toilet, mencuci kendaraan, membersihkan halaman dan menyiram tanaman yang ada di pot atau kebun.

Program Bank Air yang diterapkan pada perumahan Batara Village diresmikan oleh Bupati dan didukung oleh LIPI